SEMARANG — SMK Muhammadiyah 1 Semarang mengadakan kegiatan Pemilihan Osis (Pemilos) Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) dengan online melalui virtual dan e-Voting. Terlebih, masih ada virus Covid-19 untuk menghindari penularan. Rabu, (13/01/2021).

Wakil Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Lukman Hakim mengatakan, Pemilos merupakan sarana pembelajaran secara demokrasi di Sekolah.

“Pemilos itu belajar demokrasi di Sekolah, salah satunya menentukan pemimpin. Siapapun yang terpilih itulah yang terbaik, jangan ada pembelahan,” kata Lukman.

Pemilos ini, lanjutnya, menjadi percontohan dari Kota Semarang – Jawa Tengah karena SMK Muhammadiyah 1 Semarang sudah menjadi sekolah COE (Center Of Excellence) atau pusat keunggulan. Kemudian, literasi media terus ditingkatkan agar tidak mudah tertipu dengan informasi hoax.

Pembina IPM SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Nur Hidayawati mengatakan, tahapan pendaftaran sampai hasil penetapan calon kandidat Ketua dan Wakil Ketua Osis dengan cara online.

“Panitia mengirim form calon Ketua dan Wakil Ketua lalu dikirim balik. Lalu, seleksi wawancara meliputi Keorganisasian, Kepemimpinan, pengetahuan Agama Islam, dan baca Alqur’an. Hasil wawancara, calon kandidat mencari pasangan calon (Paslon) masing-masing. Pengumuman dan penetapan calon kandidat melalui online juga,” kata Nur.

Tahapan kampanye, imbuhnya, dengan memanfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, dan update status Whatsapp. Setelah itu, memasuki tahapan debat kandidat menggunakan live streaming Youtube Moehimedia SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

“Pertama, penyampaian visi-misi masing-masing dan saling tanya jawab antar kandidat. Lalu, tanya jawab dengan audiens lewat live chat Youtube. Sesi terakhir, tanya jawab panelis dari Guru SMK Muhammadiyah 1 Semarang,” ujarnya.

Lanjutnya, sebelum memilih melalui e-Voting ada tahapan hari tenang selama 1 hari. Dilanjutkan pemilihan kanditat secara online menggunakan e-Voting mulai pukul 09.00 – 15.00 WIB. Hasil dari pemilihan mendapatkan Paslon 1 Ramdhania Intanisyha – Alya Adristi dengan jumlah 29,47%, paslon II Selvia Ajeng – Rosalina Dita dengan jumlah 58,95%, dan paslon III Tanaya Anindita – Jasmine Ayu dengan jumlah 11,58%.

“Pengumuman dan hasil penetapan pemenang yaitu paslon II dengan jumlah pemilih terbanyak,” tambahnya.