SEMARANG – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Semarang meresmikan penggunaan gedung Center of Exellence (COE), Rabu (10/2/2021). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, Hari Wulyanto.

Center of Exellence tersebut merupakan bantuan dari pemerintah pusat melalui Direktorat SMK Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bagian dari program perbaikan SMK agar lebih modern.

Hari Wulyanto mengatakan, banyak kritikan masyarakat terkait kualitas lulusan SMK yang kompetensinya belum sesuai dengan kebutuhan industri. Hal itu disebabkan karena banyak SMK yang fasilitas dan gedungnya belum sesuai kebutuhan.

Siswi SMK Muhammadiyah 1 Semarang melakukan praktik membuat animasi di Center of Exellence (COE), bantuan dari Direktorat SMK Dirjen Diksi Kemendikbud, Rabu (10/2/2021).

“Untuk itu, Kemendikbud mengembangkan SMK COE yang meliputi pembangunan ruang praktik siswa (RPS) yang memenuhi standar kompetensi dan bantuan alat-alat yang sesuai kebutuhan industri. Jadi ini yang disiapkan infrastrukturnya,” kata Hari.

Dengan begitu, para siswa SMK memiliki sarana yang memadai dengab nantinya diimbangi peningkatan kompetensi guru. Sehingga, nantinya diharapkan kompetensi siswa SMK juga sudah sesuai kebutuhan industri.

“Ini menjadi bagian dari peningkatan kualitas pendidikan dan penyelarasan dengan industri. Dan saya kira, sekolah sekolah tinggal mendorong. Sehingga nantinya SMK di Jawa Tengah harus melakukan modernisasi. Termasuk SMK Muhammadiyah 1 Semarang ini,” paparnya.

Siswi SMK Muhammadiyah 1 Semarang melakukan praktik membuat animasi di Center of Exellence (COE), bantuan dari Direktorat SMK Dirjen Diksi Kemendikbud, Rabu (10/2/2021).

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Nur Indah Yuniati menuturkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Direktorat SMK Pendidikan Vokasi Kemendikbud yang telah memberikan bantuan berupa COE kepada SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

Ia menuturkan, keberadaan COE tersebut menjadi bagian dari upaya dalam menjadikan para siswa menjadi pribadi yang unggul dan memiliki budaya kerja yang mapan, sehingga alumni SMK Muhammadiyah 1 Semarang menjadi orang yang berintegritas, siap kerja dan tangguh.

“Tentunya hal itu tak akan terwujud tanpa dukungan dari semua pihak termasuk Kemendikbud yang menunjang peningkatan kualitas pendidikan di SMK Muhammadiyah 1 Semarang ini,” paparnya.

Gedung COE tersebut meliputi beberapa bagian yang diperuntukkan untuk praktik para siswa SMK. Diantaranya ruang animasi yang berupa laboratorium komputer yang bisa dipakai para siswa untuk membuat berbagai proyek atau tugas animasi.

Selain itu, ada beberapa ruangan lainnya yang disesuaikan dengan jurusan yang ada di SMK Muhammadiyah 1 Semarang. Dengan adanya ruang praktik tersebut, diharapkan para siswa dapat mengasah skillnya dan meningkatkan kompetensi agar siap terjun di dunia kerja