SEMARANG — SMK Muhammadiyah 1 Semarang membuat Kribog (Kripik Debog) untuk mengikuti lomba “Business Plan Competition 2021” dengan tema Create Your Business Plan To Be Success Young Entrepreneur yang diselenggarakan HMPS Manajemen Universitas Stikubank Semarang. Lomba diikuti SMA/SMK Se-Jawa Tengah secara online dan 1 tim terdiri dari 3 peserta didik. Akhirnya, mendapatkan juara 2 lomba tersebut.

Pembimbing Business Plan, Ayu Muria Pangesti mengatakan,  Indonesia menjadi Negara agraris yang sebagian besar penduduk bekerja di sektor pertanian, salah satunya petani pisang. Pisang berbuah hanya sekali setahun dan banyak limbah pelepah pisang.

“Limbah pelepah pisang bisa dimanfaatkan. Jadi, kita coba cari dari Internet dulu. Setelah mendapatkan ide dari pelepah pisang, kita adaptasi dan modifikasi menjadi kripik pisang,” kata Dia yang juga Guru Akuntansi, Jum’at (03/09/2021).

Lanjutnya, ada juga kripik pelepah pisang yang sudah dibuat tetapi masih varian original. Sedangkan, saat membuat memodifikasi beberapa varian rasa, yaitu rasa matcha, balado, dan coklat. Daya tarik lainnya dari kemasan yang menarik dan harga yang lebih bersaing.

“Pertama, menentukan ide usaha apa yang ingin dilaksanakan. Kedua, menentukan target bisnisnya, serta pembuatan BMC (Business Model Canvas) yang menarik. Alhamdulillah, dapat juara 2. Kedepan, harus lebih baik lagi,” imbuh Anisya Rosyidiana selaku Ketua Tim Lomba Business Plan SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

Ada beberapa guru pembimbing Business Plan yang terlibat, yaitu Nur Hidayawati, Zahrina Dzati Hulwani, dan Ayu Muria Pangesti. Sedangkan peserta didik, ada Sinta Amelia (XII Akuntansi 2), Rosalina Dita Adi Sulistya (XI Akuntansi), dan Anisya Rosyidiana (XII Akuntansi 2).

Tinggalkan Balasan