KERJA DI LUAR NEGERI BUKAN LAGI MIMPI BERSAMA STIEPARI SEMARANG DAN SMK MUHAMMADIYAH 1 SEMARANG

SEMARANG – SMK Muhammadiyah 1 Semarang mendapat kunjungan dan ajakan kerjasama oleh STIEPARI Semarang terkait program 3 in 1 Internasional (kursus, kerja, kuliah) di Jepang melalui program SSW.
“Tokutei Ginou atau Speciļ¬ed Skilled Workers (SSW) adalah status visa/ ijin tinggal bagi warga negara asing di Jepang. Pemegang visa SSW dapat bekerja di perusahaan Jepang dengan hak dan kewajiban yang sama dengan pekerja Jepang,” terang Rektor STIEPARI SEMARANG, Ibu Haniek Setyotini SE. MBA, di SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Selasa (9/7/2024).

Selain ada magang, yang dibutuhkan dari peserta program SSW yang merupakan calon pekerja di Jepang yaitu kemampuan Berbahasa Jepang. Kemampuan Bahasa Jepang yang disyaratkan untuk dikuasai oleh peserta SSW, harus pula memenuhi level standar yang telah ditentukan. Menurut Ibu Haniek Setyotini SE. MBA, pelatihan Bahasa Jepang ini, biasanya membutuhkan waktu hingga 6 bulan.

Kepala SMK Muhammadiyah 1 Semarang, Bapak Lukman Hakim S.Pd menjelaskan, kesempatan penempatan kerja di Jepang ini merupakan kesempatan yang luar biasa untuk siswa-siswi SMK Muhammadiyah 1 Semarang.

“Harapan dari sekolah, dengan adanya program 3 in 1 Internasional tersebut, semakin banyak siswa atau lulusan SMK Muhammadiyah 1 Semarang yang bisa bekerja di Jepang, bekerja sama dengan STIEPARI SEMARANG. Terutama untuk bidang perhotelan dan Restoran,” jelas Bapak Lukman Hakim.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top